Judul
|
Pemilihan
Strategi Pemasaran Pada PT. Nyonya Meneer Dengan Menggunakan Pendekatan
Metode Analytical Network Process
(ANP) Dan Technique For Order
Preference By Similarity To An Ideal Solution (TOPSIS)
|
Jurnal
|
Teknik
Industri
|
Website
|
file:///C:/Users/hp/Downloads/6029-12968-1-SM%20(1).pdf
|
Volume
& Halaman
|
Vol
IX, Hal 35-44
|
Tahun
|
2014
|
Penulis
|
Ary
Arvianto, Diana Puspita Sari, Grace Olivia
|
Reviewer
|
Andre
Dwi Putra/ 3ID06 (30415709)
|
Tanggal
Reviewer
|
9
Oktober 2017
|
Tujuan
Penulisan
|
Tujuan
utama dalam penulisan atau penelitian ini bagaimana cara perusahaan mencapai
suatu keunggulan yang kompetitif. Perusahaan pun membutuhkan suatu strategi
pemasaran untuk bersaing dengan competitor lainnya agar bisa membedakan dan
memiliki nilai tersendiri dalam strategi pemasaran, itu sendiri untuk
memperlancar keberlangsungan produksi perusahaan.
|
Pendahuluan
|
Suatu
perusahaan yang ingin membangun keunggulan kompetitif dengan menghasilkan
nilai bagi konsumen agar menjadi sorotan utama dalam pemasaran strategi
perusahaan tersebut harus menawarkan nilai yang berbeda dari kompetitornya.
Christensen (2010) mendefinasikan bahwa keunggulan kompetitif adalah sebuah
nilai yang dibuat oleh perusahaan agar menarik minat konsumen untuk membeli
produk atau layanan perusahaan tersebut. Dalam pemilihan strategi pemasaran
yang kompetitif, dibutuhkan penlitian dari berbagai faktor yaitu faktor internal
dan faktor eksternal dimana menyeusaikan kebutuhan perusahaan yang mempengaruhi
peforma perusahaan. Keputusan dalam pengambilan strategi pemasaran dapat
diklasifikasikan sebagai multi criteria
decision-making (MCDM). Metode ini dipilih karena dapat membantu dalam
pengambilan keputusan yang sulit ditentukan secara langsung. PT. Nyonya
Meneer sebagai salah satu perusahaan jamu terbesar di Indonesia terus
meningkatkan produksi dan kualitas serta kuantitas produk jamu yang
dihasilkan. Persaingan bisnis pada sektor jamu di Indonesia semakin ketat dan
PT. Nyonya Meneer sebagai salah satu perusahaan yang berjalan pada sektor
jamu telah cukup menjadi perhatian bagi konsumen khususnya masyarakat
Indonesia. Jenis strategi pemasaran yang digunakan PT. Nyonya Meneer adalah Maintenance Strategy. Sekitar 254
jenis produk Nyonya Meneer, 60% untuk kepentingan wanita. PT. Nyonya Meneer
mengklaim bahwa sudah menguasai pangsa pasar jamu untuk wanita hingga 34%.
Dalam penjualan jamu wanita selama 5 tahun terakhir, tidak adanya peningkatan
atau stagnan yang tidak sesuai
dengan taget perusahaan. Kondisi ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang
digunakan PT. Nyonya Meneer belum memberikan efek yang maksimal dalam
strategi pemasaran yang telah menjadi target dalam perusahaan.
|
Metode
Penelitian
|
Metodologi
penelitian dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan sebuah penelitian.
Metodologi mempunyai siklus terstruktur agar memcahkan masalah.
1.
Variabel, mempunyai 6 kriteria sumber pemasaran.
2.
Kuesioner, pada penilitian ini terdapat 3 kuesioner yang digunakan.
3.
Responden, masukan dari pada staff yang ada.
|
Pembahasan
|
Tabel
diatas adalah hubungan ketergantungan subkriteria. Dari hubungan ini,
nantinya akan menjadi dasar dalam pembuatan model ANP. Pada ANP terdapat 2
jenis hubungan ketergantungan yaitu inner
dependence dan outer dependence. Model
ANP ini akan digunakan untuk melakukan perbandingan berpasangan berdasarkan
kuesioner yang telah disebar ke responden. Setelah didapatkan bobot
kepentingan untuk masing-masing subkriteria maka tahapan selanjutnya adalah
meranking prioritas untuk alternatif strategi pemasaran terpilih yang
dianggap paling sesuai untuk PT. Nyonya Meneer. Pada penelitian ini, metode
yang digunakan untuk merangking prioritas adalah dengan menggunakan metode
TOPSIS. Metode ini dipilih karena dengan menggunakan TOPSIS, alternatif yang
nantinya terpilih memiliki jarak terdekat dengan solusi ideal, dan jarak
terjauh dengan solusi ideal negatif. Tahapan pertama yang dilakukan metode
TOPSIS adalah disebarkannya kuesioner judgement.
Kuesioner ini bertujuan untuk mengetahui kecocokan pilihan alternatif yang
akan direkomendasikan dengan subkriteria atau sumber daya pemasaran yang
dimiliki oleh PT. Nyonya Meneer. Kuesioner ini memiliki 5 skala, yaitu sangat
buruk, buruk, cukup, baik dan sangat baik. Kondisi finansial merupakan
kemampuan perusahaan untuk mengatur keuangannya dalam mendukung pemasaran
produk PT. Nyonya Meneer. keadaan kondisi finansial ini, strategi cost leadership, dimana perusahaan bertujuan untuk
menjadi produsen dengan harga yang lebih rendah dari pesaing tanpa mengurangi
keuntungan dianggap tidak sesuai bagi perusahaan. Karena dalam mengurangi
harga jual produk, akan sulit bagi perusahaan mempertahankan keuntungan yang
ditargetkan. Tahapan selanjutnya adalah menyatukan hasil kuesioner judgment dari kelima responden dengan
menghitung rata-rata untuk setiap subkriteria. Setelah ini, tahapan berikutnya
adalah mengkallkulasikan matriks keputusan normalisasi. untuk
menghitung jarak terhadap solusi ideal negatif untuk masing-masing alternatif
strategi pemasaran berdasarkan Porter.
Dari
hasil yang sudah ada maka PT. Nyonya Meneer memakai strategi segmentation strategy.
|
Kesimpulan
|
Terdapat
2 jenis hubungan, yaitu inner
dependence dan outer dependence.
Bentuk hubungan ini dapat berupa hubungan saling mempengaruhi atau
dipengaruhi. Dengan perhitungan ANP, di dapatkan bobot masing-masing
subkriteria. Dengan menggunakan metode TOPSIS di dapatkan peringkat prioritas
alternatif strategi pemasaran bagi PT. Nyonya Meneer, alternative yang
terpilih adalah strategi segmentasi. PT. Nyonya Meneer memfokuskan pada
produk wanita remaja hingga dewasa, berpendapatan menengah ke atas sehinggan
perusahaan dapat maksimal dalam menggunakan sumber daya pemasaran.
|
Kekuatan
Penelitian
|
Metode
yang digunakan sudah tepat dalam strategi pemasaran, serta tujuan dari
penelitian yang dibuat penulis mudah dipahami.
|
Kelemahan
Penelitian
|
Dari
metode yang dipakai dalam penelitian ini penulis tidak memberikan contoh yang
bisa menjadi acuan dalam perhitungan strategi pemasaran.
|
No comments:
Post a Comment